Membuat Live CD Windows dengan Bart PE Builder

Artikel kali ini masih membahas mengenai operating system, setelah kemaren saya mengajak Anda membuat custom CD/DVD installer windows XP, sekaranfg saya mengajak Anda untuk membuat Live CD Windows (Windows Live CD). Selama ini, mungkin Anda hanya mengetahui jika Live CD hanya bisa dibuat di Linux. Namun sekarang Anda juga bisa Live CD Windows.

Apa itu Live CD? Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Live CD, saya berikan penjelasan singkat aja. Live CD adalah sebuah operating system dalam CD. Anda bisa booting dan menggunakan operating system dalam CD tersebut layaknya operating system yang terinstall di harddrive. Fungsi live CD banyak sekali, contoh yaitu jika Windows Anda rusak dan Anda tidak bisa sama sekali masuk ke linkungan Windows, namun banyak sekali data yang Anda simpan di drive tempat instalasi Windows. Jika Anda install ulang, kemungkinan besar data akan hilang. Lalu bagaimana cara mengambil data tersebut? Disinilah fungsi dari live CD, Anda boot dan masuk Windows Live CD kemudian mengcopy data Anda. Setalah data terback-up baru install Windows.

Bagaimana cara membuat Live CD Windows? Caranya tidak sulit. Yang Anda butuhkan adalah sebuah software yang bernama Bart PE Builder (Link Download Bart PE builder bisa Anda temukan di akhir artikel), CD Instalasi Windows XP, dan sebuah CD Blank (kosong). Jika semuanya dusah siap, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat live CD windows:

    1. Jalankan Bart PE Builder. Jika pertama kali menjalankannya akan muncul jendela License Agreements. Klik I Agree. Jika muncul sebuah dialog yang menawarkan Anda untuk melakukan pencarian terhadapa instaler Windows XP, klik No saja.

    1. Yang pertama Anda lakukan adalah menentukan lokasi Setup Windows XP, untukitu klik tombol yang beruliskan […] pada input Source (path to Windows Instalation files).

Tentukan Lokasi Setup Windows XP

    1. Pada jendela Browse for folder yang muncul tentukan lokasi Installer Windows XP Anda. Ingat, yang Anda tentukan adalah lokasi Instaler atau Setup Windows XP. Bukan lokasi Windows yang sudah teinstall yaitu di C:Windows.

Tentukan Lokasi Setup Windows XP

    1. Selanjutnya pada input Custom yang ada dibawahnya, masukkan folder yang Anda ingin sertakan dalam Live CD Windows. Misalkan software portable sepeti PCMAV atau FastStone Capture. Jika Anda tidak ingin menyertakan file apapun, biarkan saja kosong.

Custom Folder untuk Live CD Windows

    1. Input yang ketiga adalah, Output File, secara default Output file akan di letakkan di folder instalasi Bart PE Builder pada sub folder “Bart PE”. Anda bisa merubah nama foldernya, namun tidak bisa merubah pathnya secara keseluruhan. Biar ga bingung biarkan saja seperti default.

Lokasi Output Live CD Windows

    1. Kini saatnya Anda melakukan proses build. Anda bisa memilih media yang Anda suka, jika Anda ingin membakarnya langsung ke CD, silahkan pilih Burn to CD/DVD.

Buat Live CD Windows

    1. Jika Anda belum memiliki CD atau DVD, Anda bisa membuatnya ke file ISO telebih dahulu. Untuk itu pilih Create Iso Image. Dan tentukan lokasi penyimpanan File ISO. Setelah Anda sempat membeli CD, baru file ISO tersebut Anda bakar ke CD dengan program pembakar sepeti Nero.

Buat ISO Live CD Windows

    1. Untuk mulai melakukan proses pembuatan Live CD Windows klik tombol Build. Maka akan muncul sebuah jendela yang menampilkan proses pembuatan Live CD Windows Anda.

Proses pembuatan Live CD Mulai

  1. Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah selesai Anda bisa menutup jendela build dan menutup jendela Bart Pe Builder.

Sampai disini proses pembuatan Live CD Windows sudah selesai. Untuk mencoba menggunakannya, silahkan masukkan Live CD Windows tersebut ke CD/DVD drive Anda. Kemudian restart komputer. Pada saat windows mulai restart, masuklah ke bios dan set agar CD/DVD menjadi First Boot Device. Tunggu hingga Anda masuk kelingkungan Live CD Windows seperti Anda masuk ke Windows yang terinstal di komputer.

Tampilan live CD Windows ini sedikit berbeda dengan tampilan Windows XP yang biasa Anda pakai. Live CD Windows ini tidak mempunyai taskbar seperti Windows biasanya. Yang ada hanyalah sebuah tombol Start. Pada Live CD Windows, Anda bisa menemukan beberapa program yang bisa Anda gunakan, seperti A43 File Management untuk menajemen file layaknya Windows Explorer, Word Pad, CMD, Check Disk utility dan beberapa program lainnya. Namun, jika Anda membutuhkan program lain terinstal pada live CD ini, Anda bisa menambahkannya melalui tombol Plugins yang ada pada jendela Bart PE Builder tadi. Daftar plugin-plugin yang bisa Anda tambahkan bisa Anda lihat di Bart PE Builder Plugins.

Bagaimana cara menambahkan pluigins tersebut pada Live CD Windows? Caranya akan saya bahas dilain kesempatan. Jika Anda ingin saya membahasanya, silahkan ajukan melalui kotak komentar. Sekian dulu tutorial singkat cara membuat Live CD Windows XP. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Download Bart PE Builder.

Advertisements
By Dua Belas Programmer Posted in Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s